Air Terjun Sedinding

05.43.00
   Air Terjun Sedindingsudah menjejakkan kaki di Grojogan Sedinding, kali ini giliran Grojogan Sewawar yang tak kalah asik untuk ditelusuri. Masih dilokasi yang sama dengan Gerojogan Sedinding, air terjun ini berada di bawahnya. Hanya saja ketika Anda berjalan menuju Gerojogan Sedinding akan mendapati dua jalan. Lurus mengarah Gerojogan Sedinding, sedangkan ke kanan dengan track menurun menuju Gerojogan Sewawar.                                               Perjalanan justru lebih singkat dibandingkan menuju Grojogan Sedinding. Cukup membutuhkan waktu 10 menit dari pintu masuk, Anda sudah akan sampai ke Grojogan Sewawar. Setelah berjalan menurun, terdapat tiga jalur untuk menuju ke Gerojogan Sewawar.
Jalur kanan dengan anak tangga yang dibuat secara manual, Anda akan langsung menuju bibir kolam air terjun. Sedikit naik, di jalur tengah merupakan jalan yang menuju langsung depan air terjun dengan melewati sebuah warung. Untuk jalur ketiga, adalah jalur untuk akses menuju langsung ke sebuah warung yang buka hanya pada Sabtu dan Minggu.
Berbeda dengan air terjun yang lain yang hanya memiliki satu jalur air jatuh, Grojogan Sewawar memiliki beberapa jalur yang dilewati aliran air. Bentuk dari Gerojogan Sewawar seperti bongkahan batu besar yang menutup sebuah aliran sungai sehingga terjadi air terjun tersebut.
Jika Grojogan Sedinding bisa dijadikan tempat untuk terjun ke dalam kolamnya, berbeda dengan di Grojogan ini, namun asiknya di Grojogan Sewawar, batuan yang menjadi jalur air terjun ini bisa dijadikan pijakan untuk memanjat ke atas grojogan. Bebatuan ini sama sekali tidak licin atau berlumut. Namun, jika ingin memanjat Anda harus memiliki peralatan yang aman selayaknya climbing dan keahlian khusus.
Grojogan Sewawar termasuk air terjun yang memiliki ketinggian cukup pendek, yaitu sekitar 15 meter. Air yang jatuh menghasilkan cipratan yang cukup deras dan sejuk bagi orang yang berdiri di sekeliling air terjun. Kedalaman kolam terbilang cukup dangkal, tetapi  masih bisa bermain air dengan leluasa.
Tak hanya menyajikan air terjun yang menawan, Grojogan Sewawar juga menghadirkan beberapa tanaman yang ada di ladang warga dan bisa dibeli untuk dibawa pulang ataupun dinikmati bersama ketika berkunjung kesana. Ladang ini terdapat diatas sebuah warung yang ditemui di bibir air terjun. Tanaman umbi-umbian mendominasi ladang warga, seperti pohon ketela, pohong, dan sukun.
Bagi pecinta palawija, didepan warung terdapat tanaman kunyit yang sengaja ditanami warga yang bisa dipesan untuk dibawa pulang. Gerojokan Sewawar memang dikenal cukup banyak tanaman. Baik palawija dan umbi-umbian, beberapa pohon buah, seperti manggis, jambu dan durian juga bertebaran disana. Menurut salah satu warga, jika Anda penggemar durian maka harus datang pada bulan November hingga Januari. So, jangan sampai terlewatkan untuk menghabiskan waktu liburan di Gerojogan Sewawar bersama.                                                                                                                                                                 RELATED POST                                                                                              1.Grand Wisata  waterpark Bekasi                                                                             Hasil gambar untuk GRAND WISATA                                                                                                                                                                                                                                                                                2.Pulau Buatan Terkeren Paling Indah Di Dunia                                                                                                                                                  
Previous
Next Post »
0 Komentar

wisata